^-^

selamat datang di Pricilia's bLog and ENJOY THE POST ^-^

Minggu, 29 April 2012

Great Barrier Reef




Jika Indonesia punya Raja Ampat sebagai surga pemandangan bawah lautnya maka Australia punya Great Barrier Reef yang juga terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya.
kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).
Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.
Kekayaan biodiversitasnya, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Penelitian The Catlin Seaview Survey selain menguntungkan para ilmuwan juga menguntungkan para fellow traveller yang berkantong tipis. kita tidak perlu datang jauh - jauh ke negara bagian Quensland, Australia untuk menikmati keindahan Great Barrier Reef. Kita hanya perlu duduk manis didepan komputer dan membuka demo website The Catlin Seavie Survey dan melakukan penyelaman secara virtual
The Catlin Seaview Survey memilih Great Barrier Reef untuk mencoba prototype kamera mereka. Mereka bertujuan untuk melakukan studi secara komprehensif sekaligus mendokumentasikan komposisi dan kesehatan terumbu karang Great Barrier Reef di berbagai kedalaman (0-100 m).
Pada Website resmi The Catlin Seaview Survey, dijelaskan ada tiga komponent utama pada project ini :
  1. Survei terumbu karang dangkal akan melibatkan pengambilan gambar pada sudut 360 derajat dengan kamera khusus SVII. Hasil pengambilan gambar akan di proses oleh perangkat lunak pengenalan gambar, dan akan menghasilkan sebuah baselinevisual untuk digunakan dalam analisis ilmiah mengenai Great Barrier Reefsepanjang 2300 km. baseline visual ini dapat diakses secara gratis melalui Google.

  2. Survei terumbu karang dalam untuk meneliti efek perubahan iklim pada Great Barrier Reef (kedalaman 30-100 m). Hal ini akan memberikan studi komprehensif kesehatan dan keanekaragaman hayati terumbu karang Great Barrier Reef, juga penelitian tentang ketahanan terumbu karang terhadap kenaikan suhu dan perubahan iklim.

  3. Survey keanekaragaman fauna di Great Barrier Reef. Dipimpin oleh pemenang penghargaan cinematografi Emmy award, Richard Fitzpatrick. Menandai dan melacak kehidupan pari manta, Penyu dan Hiu Macan menggunakan satelit secara live, untuk data oseanografi.
for picture :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar