^-^

selamat datang di Pricilia's bLog and ENJOY THE POST ^-^

Kamis, 01 Desember 2011

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

1.1  Arsitektur Komputer
a.      Peralatan Input
·      Keyboard , menginput data dengan menekan tombol-tobol yang tepat hampir mirip dengan mesin tik akan tetapi keyboard memiliki kelebihan diberbagai bagian.
·      Alat Penunjuk , contohnya seperti mouse, trackball, touchscreen, light pen (berbentuk pulpen dan dapat digunakan untuk menunjuk layar) dan unit remote control.
·      Alat input otomatis data sumber , terbagi menjadi dua yaitu Alat Pembaca Optis (alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric) dan Alat Pembaca Magnetis (alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet)
·      Alat Input Pengenal Suara, contohnya seperti michropone dan touchtone
·      Alat Input Video
·      Alat Input Penerima Gerak, contohnya seperti headset dan glove

b.      Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan sekunder
Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit system komputer dan mengubah input menjadi output. Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem. Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer. Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan
program dan data saat tidak digunakan.
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
·         RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·         ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
·         Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

c.       Peralatan Output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.      Softcopy, terdiri dari dua jenis :
·         Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
·         Audio
2.      Hardcopy, terdiri dari :
·         Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
·         Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
·         Computer Output Microfilm (COM)

1.2  Software
·         System operasi
adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.
Contoh-contoh system operasi antara lain MS.dos, MS.Windows, Unix, Linux, Mandrake dan lain-lain.

·         Aplikasi
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. 
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

1.3  Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software dalam Pemecahan Masalah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar